Sunday, May 18, 2014

Tips Bepergian ke Luar Negeri

Tips Bepergian ke Luar Negeri


Bepergian ke luar negeri adalah hal yang menyenangkan dan bagi sebagian orang adalah hal yang sudah biasa, namun bagi sebagian orang lainnya merupakan pengalaman pertama mereka.
Nah kali ini saya ingin membagi seputar tip bepergian ke luar negeri agar perjalanan dan liburan makin lancar menyenangkan.


1. Persiapkan dokumen-dokumen untuk bepergian ke luar negeri seperti paspor, ada beberapa negara yang mengharuskan masa kadaluarsa paspor minimal 6 bulan, cek juga apakah negara tersebut mengharuskan visa. Untuk beberapa negara asia tenggara ada yg tidak mengharuskan visa apabila stay disana tidak lebih dari 1 bulan, cek peraturan masing-masing negara.
Dan bawalah fotokopi dokumen penting tersebut ke dalam koper, tas tangan, agar apabila terjadi hal tidak diinginkan seperti kehilangan, anda dapat dengan mudah diurus di kedutaan atau kantor diplomat terdekat di negara tujuan. Persiapkan juga nomor telepon yang dapat anda hubungi selama anda berada disana, alamat kedutaan besar, kantor diplomat negara asal,  kenalan, teman atau famili anda, atau pemilik apartemen atau hotel tempat anda menginap disana. Persiapkan juga tempat dan jadwal tujuan, jadi setiap hari anda sudah tahu akan kemana hari ini, akomodasi apakah dengan bis, trem, atau taksi.

2. Uang, tukarlah mata uang yang dapat mencukupi kebutuhan anda di negara tujuan, sebaiknya menukarkan uang di negara asal untuk mendapat kurs tukar yang lebih baik, dan tukarlah juga mata uang kecil atau pecahan untuk memudahkan anda untuk membayar keperluan perjalanan anda. Apabila ingin membawa cadangan tukarlah dalam bentuk mata uang USD (dolar amerika) karena dapat diterima hampir di semua negara.Waktu saya ke Penang Malaysia, saya menukarkan semua uang untuk keperluan disana itu di Jakarta, Indonesia, jadi saya tidak perlu lagi pusing mencari tempat penukaran uang.

3. Barang bawaan, bawalah barang keperluan selama perjalanan dan liburan anda, pakaian, alat gosok gigi dan mandi, shampo, handuk, sandal jepit, sisir, dan kantong plastik berbagai ukuran yang dapat digunakan sebagai wadah serbaguna, untuk benda-benda cairan seperti shampo dan sabun cair dapat dimasukkan ke dalam kontainer plastik kecil atau kantong plastik agar tidak tumpah ke koper.
Pertimbangkan juga iklim dan cuaca negara tujuan anda apakah beriklim tropis, sejuk atau dingin bahkan bersalju, dan waktu bepergian anda di musim apa, bawalah beberapa pakaian dingin apabila bepergian ke negara beriklim dingin, untuk yang beriklim tropis bawalah beberapa pakaian santai, namun bawa juga sweater untuk berjaga-jaga apabila hawa dingin di malah hari atau karena AC.
Dan timbanglah barang bawaan anda sebelum anda ke bandara atau check in, apabila koper bagasi anda berlebihan muatan dapat dipindah ke tas tangan selama tidak melebihi kapasitas yang diperbolehkan
kebanyakan maskapai menetapkan berat tas tangan tidak lebih dari 7 kg, apabila berlebih tentu akan dimasukkan sebagai bagasi.

4. Selama di dalam pesawat beberapa orang akan mengalami barotrauma atau sakit pada telinga akibat tekanan udara di atas ketinggian tertentu dalam pesawat, untuk mencegah dan meminimalisir hal ini cobalah untuk mengunyah permen, minum sedikit-sedikit, atau makan. Dan untuk mengatasi kebosanan dalam pesawat anda dapat menonton tv atau mendengar musik yang tersedia, earphone biasanya tersedia
di kantong kursi depan anda.

5. Setelah tiba di negara tujuan, perhatikan setiap peraturan di wilayah tersebut, taatilah karena aturan setiap negara bisa berbeda, dan dengan semua yang telah anda persiapkan sebelumnya semoga perjalanan anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment